BIKERSENJA.com – Kang mas….., Meningkatnya, intensitas hujan seperti saat ini bisa membuat permukaan jalan mengalami pengikisan secara perlahan hingga kemudian menimbulkan lubang.

Keadaan seperti itu akan sangat mengganggu perjalanan dan membahayakan atau bahkan kecelakaan terutama untuk pengguna roda dua.Jika hujan sudah mulai turun, berkendaralah dengan kecepatan rendah, dan menjaga jarak dengan kendaraan lain.

Dengan begitu saat menghadapi jalan berlubang, pengendara bisa mengantisipasi bila ada lubang.Ada dua pilihan yang biasanya dilakukan pengendara apabila menghadapi jalan berlubang antara lain melakukan pengereman mendadak atau akan bermanuver untuk menghindar.

Perlu diperhatikan pada waktu bermanuver, disarankan agar pengendara telah melihat kondisi di sekitar karena bisa menyebabkan bersenggolan dengan pengendara yang lain.

” Pengendara harus bersikap tenang pada waktu menghadapi jalan berlubang, jika panik maka hal itu justru berpotensi menimbulkan bahaya bagi diri sendiri maupun pengendara yang lain. Dengan postur berkendara yang benar bisa menghindarkan diri kita dari bahaya kecelakaan” kata Hari Setiawan selaku Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

Begitu juga jika akan melakukan pengereman mendadak, terlebih dahulu melihat kondisi area sekitar melalui spion.

Untuk itu sebaiknya berkendara dengan riding postur yang benar seperti berkendara dengan pandangan melihat jauh kedepan, hal itu dapat mengantisipasi melakukan pengereman mendadak sehingga tidak mengakibatkan motor oleng.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.