Apa Itu Danger Prediction dan Penerapannya Dalam Berkendara

BIKERSENJA.com – Kang mass…resmi di bulan Maret ini, PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Distributor selaku main distributor penjualan sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT kembali menggelar kompetisi tahunan safety riding competition untuk para blogger & vlogger.

Karena masih berada dalam masa pandemi covid 19, membuat MPM harus mengadakan gelaran tahunan ini dengan sistem daring hal ini merupakan suatu siasat agar safety riding competition tetap bisa di gelar meskipun harus dilakukan secara daring Virtual Safety Riding Competition.

Nah kang mas…, Kegiatan Virtual Safety Riding Competition ini sendiri di bagi dengan 3 kelas. Untuk materi yang pertama BSA dan rekan-rekan blogger & dan vlogger adalah Danger Prediction. Lantas apa itu Danger Prediction? Bagaimana Penerapannya dalam berkendara…?

Pengertian Danger Prediction

Yaps, kalau kita artikan dari namanya sendiri bisa di sebut sebagai prediksi bahaya. Jadi Danger Prediction sendiri merupakan bagaimana kemampuan kita kang mas dalam membaca situasi disekitar kita dan kemungkinan terburuk yang bisa mungkin terjadi saat kita berkendara di jalan raya.

Kalau ngomongin soal prediksi bahaya di jalan raya bisa kita kategorikan menjadi 3 tingkatan kang mas… diantaranya sebagai berikut :

  1. Bahaya yang terlihat (bahaya yang dapat diketahui tetapi kemungkinan terjadi kecelakaan kecil)
  2. Bahaya yang menarik perhatian (kecelakaan dapat dicegah dengan kemampuan prediksi tingkat normal), dan
  3. Bahaya yang tidak terlihat (kecelakaan hanya dapat dicegah dengan kemampuan prediksi tingkat tinggi)

Yaps, jadi kang mas intinya itu adalah gimana cara kita sebagai bikers dalam membaca potensi bahaya yang bisa terjadi agar terhindar dari kecelakaan.

Ada juga beberapa faktor yang juga berperan penting yang bisa mempengaruhi dalam memprediksi sebuah bahaya seperti : identifikasi, kemampuan dan refleks kita. Jadi jika ke tiga hal ini harus bisa mengambil keputusan yang cepat. dalam artian ini bisa menjadi sangat bahaya jikatiga hal tersebut berjalan lama, bisa bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan ketika kita terlambat mengambil keputusan.

Ruang Lingkup Mata

Ruang lingkup mata Ruang ini adalah hal yang penting dimana ini sangat berkaitan dengan kemampuan mata sampean dalam menjangkau lingkungan sekitar saat bekendara. Atau lebih jelasnya lagi jika kita berkendara dengan semakin tinggi kecepatan kita secara tidak langsung kemampuan mata kita untuk melihat ruang lingkup pun juga terbatas.

Ruang lingkup mata

Cakkk.. Misalnya sampean berkendara dengan kecepatan 40 km/h maka mata sampean bisa menangkap lingkungan sebesar 100º. Berbanding lurus dengan kecepatan, saat sampean melaju di angka 70 kpj maka situasi lingkungan yang bisa ditangkap mata pun juga turun, 65º saja. Pun saat kita melaju hingga 100 kpj ruang lingkup sekitar kita yang tertangkap pun juga semakin sedikit, hanya 40º.

Adaptasi Mata

Adaptasi mata materi safety riding 2021

Nah.., adaptasi mata juga dapat mempengaruhi kemampuan sampean kangmas dalam memprediksi bahaya.

Jika sampean berada dalam sebuah terowongan di siang hari. Maka mata sampean membutuh waktu sekitar 4 – 7 detik untuk mampu menangkap obyek yang ada di gelapnya terowongan. Begitu pula disaat kita sudah keluar dari terowongan, kita membutuhkan waktu 2 – 5 detik untuk kembali fokus dengan keadaan sekitar kita.

Ketajaman Mata

Ketajaman mata materi safety riding 2021

Kemampuan mata juha dapat menurun disaat sampean berkendara di siang hari dibandingkan dengan berkendara dimalam hari, ketajaman mata akan berbeda, dimalam malam hari ketajaman mata akan turun 25%.

Kecepatan menjadi faktor yang dapat mempengaruhi terutama ruang lingkup pandangan pengendara. Semakin cepat kendaraan maka ruang lingkup penglihatan pengendara juga semakin sempit.

Blind Spot

Blind spot materi safety rinding

Blind spot atau titik buta kendaraan bisa membahayakan pengendaranya. Maka itu para pengendara juga perlu memahami di mana letak area titik buta kendaraan.

Last kang mas.. Saat berkendara dibjalan raya kita juga harus selalu menerapkan prinsip #Cari_aman. Mudah-mudahan sedikit penjelasan tentang danger prediction ini bisa bermanfaat buat kita semua kang mas. [BSA |BIKERSENJA]

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.